Iklan Bos Aca Header Detail

PPDB SMK di Lampung, Ribuan Bangku Kosong

PPDB SMK di Lampung, Ribuan Bangku Kosong

RADARLAMPUNG.CO.ID - Ribuan kuota siswa tidak terpenuhi dalam PPDB SMK tahun ajaran 2021/2022 di Lampung. Sejumlah faktor memengaruhi hal tersebut. Salah satunya, orang tua mengalihkan pendidikan anak ke pondok pesantren.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Sulpakar melalui Kabid Pembinaan SMK Zuraida Kherustika mengatakan, kuota PPDB SMK sebanyak 29.559 siswa. Sementara pendaftar mencapai 25.359 dan diterima 23.586 siswa.

\"Dengan kata lain, kekurangan seluruhnya mencapai 6.520 orang dari kuota yang disediakan,\" kata Zuraida Kherustika, Jumat (25/6).

Dilanjutkan, dari data kabupaten/kota, kuota terbanyak yang tidak terpenuhi ada di Bandarlampung.

\"Untuk Bandarlampung, kuota 4.848 dengan jumlah pendaftar 4.802 dan diterima 3.791 siswa. Jadi tidak terpenuhi 1.059 orang,\" ujarnya.

Dilanjutkan, ada empat sekolah dengan kekurangan siswa cukup menonjol dalam PPDB. \"SMKN 3 Bandarlampung kekurangan sampai 131 siswa, SMKN 5 ratusan juga, SMKN 6 Bandarlampung kurang 223 siswa,\" kata dia.

Zuraida Kherustika mengungkapkan, pihaknya masih menunggu tindak lanjut untuk mengatasi kekurangan kuota PPDB tersebut.

\"Kalau kita melihat dari jumlah siswa SMP/MTsN yang lulus, ya bisa terpenuhi sebenarnya. Tapi kami mendapatkan informasi bahwa ada masyarakat yang memilih anaknya sekolah ke pondok pesantren dan faktor lainnya,\" tandasnya. (mel/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: